Cara Factory Reset Komputer atau Laptop Windows

4 Cara Factory Reset Komputer atau Laptop Windows

1. Menggunakan Recovery Partition

Komputer modern biasanya sudah dilengkapi dengan sistem operasi dan juga recovery partition untuk restore. Partition sendiri adalah bagian dari hard drive yang tidak diaktifkan, dengan menggunakan sebagian storage untuk menyimpan semua file recovery setup yang dibutuhkan ketika ingin membersihkan sistem operasi.

Untuk memulai recovery melalui recovery partition biasanya dengan menekan tombol Function dari F1-F12 beberapa saat setelah menekan tombol power dan berbeda-beda tergantung merek. Setelah itu kamu akan diarahkan ke BIOS, dan dari sana kamu bisa menjalankan recovery setup. Ketika recovery selesai maka komputer kamu akan berada dalam kondisi ketika dahulu pertama kali kamu menyalakan komputer.

2. Menggunakan Recovery Disc

Jika komputer kamu tidak memiliki recovery partition, kamu bisa mencoba menggunakan recovery disc. Biasanya dalam bentuk CD atau DVD yang berisi semua data recovery yang biasanya ada di recovery partition. Dengan kata lain Recovery Disc dan Recovery partition akan sama saja dalam penggunaan.

3. Refresh atau Reset Windows 8

Fitur ini baru diterapkan di Windows 8 yang fungsinya membuat factory reset kamu lebih cepat dan mudah. Refreshing yang berarti kamu dapat mempertahankan data personal seperti misalnya aplikasi-aplikasi yang sudah terinstall di metro, tetapi akan menghapus aplikasi yang lain. Dan Resetting yang berarti Windows akan menghapus semua dan akan menginstall ulang Windows.

Untuk menggunakannya pertama kamu buka Settings lalu pilih Change PC settings. Pada general pilih Get Started, dan berikunya akan muncul halaman seperti dibawah ini.

4. Install Ulang Windows

Jika komputer kamu tidak memiliki recovery data atau sejenisnya, kamu berarti harus melakukan factory reset dengan cara lama, yaitu dengan install ulang windows dan install kembali semua drivernya. Cara ini mungkin kuno dan merepotkan, tetapi kamu memiliki kontrol lebih dalam proses reset. Yang pastinya perlu dipersiapkan adalah License Key Windows dan juga installer dari driver yang kamu miliki.

Jadi kamu cukup pilih salah satu bagaimana cara factory reset untuk diterapkan di komputer atau laptop windows kamu. Untuk installer dari driver kamu bisa download driverpack.

WhatsApp chat WhatsApp us